Saturday, March 5, 2011

Ingin Menikmati Laut tanpa Sampah

sampah di tanjung pendam, belitung

Too bad
. Begitulah ketika saya meyaksikan pemandangan Tanjung Pendam di Pulau Belitung yang saya kunjungi tahun 2010 lalu. Sangat berbeda dengan 15 tahun yang lalu ketika saya masih bisa menemukan kulit kerang yang beraneka ragam dengan mudah. Sekarang, saya bisa menemukan sampah dengan mudah!

Bagaimana nasibnya 15 tahun mendatang? Jangan-jangan Tanjung Pendam berubah nama menjadi TPA alias tempat pembuangan akhir. Oh no!

Di pantai ini, sebenarnya dengan mudah kita bisa melihat matahari terbenam, sangat cantik di sore hari dengan awan berwarna oranye. Tak heran jika banyak orang menikmati keindahannya. Namun, sangat disayangkan jika pada akhirnya tempat ini sudah tidak indah lagi karena banyak sampah. Juga bau sampah, bukan lagi bau laut dan kerang.

Bukankah akan lebih indah jika pantai itu bersih seperti ini? :)


Saya tidak bisa sendiri. Saya butuh para safari untuk menjaga alam agar tidak tercemar oleh sampah. Maka kita akan sama-sama bisa melihat laut yang bersih dan indah. Sederhana bukan?

4 comments:

  1. makanya saat tanpa sengaja nemu pantai yang bagus kadang saya jadi dilematis. kalo mau di publish nanti banyak orang yg tau en jadinya kotor + rusak, tapi juga rugi ada tempat sebagus itu gak di promosikan :(
    terus baiknya gimana inih?

    ReplyDelete
  2. well, memang serba salah ya mbak, ketika kita menemukan sebuah tempat yang indah, pasti ujung-ujungnya sayang kalau rusak karena banyak orang tidak bertanggung jawab.

    menurutku ini adalah tanggung jawab kita semua dan solusinya terletak di masing-masing orang. dan tidak semudah itu menyadarkan orang untuk cinta lingkungan. tentu saja dibutuhkan komunikasi yang baik untuk menyampaikan pentingnya konservasi alam.

    saya sedang mencoba dengan cara saya, dengan memposting foto ini. harapannya ketika orang melihat pantai yang kotor akan merasa sayang, dan menyadari indahnya alam tanpa sampah. yang tentunya didukung oleh sikap untuk tidak membuang sampah sembarangan. :)

    happy traveling!

    ReplyDelete
  3. setuju.. untuk beberapa hal saya sangat memilih merahasiakan letak pantai2 kesayangan saya yg tersembunyi.. takut kotor dan mengecewakan.. egois ya.. tapi susah untuk tidak.. arrr..

    Hugs,
    The Picnic Girl

    ReplyDelete
  4. Hi Mbak Miy,

    kalau saya ingin berkunjung bagaimana, mbak? saya dan orang lain pun punya hak untuk mengunjungi tempat-tempat indah di dunia. namun, tentu saja ada kewajiban yang harus dipenuhi, salah satunya adalah menjaga tempat tersebut agar selalu bersih. inilah yang harus disadari oleh setiap orang.

    Cheers

    ReplyDelete