Monday, September 24, 2012

Rumah Masa Depan

Indonesia Cemetery, Malang, East Java

  Melihat foto di postingan ini, rumah masa depan alias kuburan sama sekali tidak seram. Malahan tampak menyenangkan dengan background langit berwarna biru cerah, pohon-pohon, juga rerumputan hijau. Lalu, apa yang perlu ditakutkan dari kuburan? Toh nanti kita semua berada di lubang yang sama. Bersatu dengan tanah.

  Pengalaman saya mengunjungi kuburan memang tidak banyak, karena saya sendiri tidak suka berwisata ke kuburan. Foto ini diambil ketika saya ke Malang. Kebetulan di rumah yang menjadi tempat tinggal sementara saya adalah kuburan ini. Jadilah saya melewati kuburan ini hampir setiap hari. Lagi pula jalanan di sini sangat sepi, sehingga tidak terhalang oleh apapun. Tapi kalau malam, memang agak horor juga. Bahkan teman saya sempat melihat penampakan di area pekuburan ini. Hiyy... 

 Jadi sebenarnya ini hanyalah masalah point of view saja, tergantung waktu berkunjung. Kalau siang atau terang tidak masalah, kalau gelap itu baru masalah. Ditambah banyak tayangan televisi yang menantang nyali di kuburan. Ditambah lagi hal-hal mistis yang lain, misalnya itu ada makamnya perempuan bunuh diri, atau baru melahirkan. Maka jadilah kuburan adalah tempat terseram di dunia. Apalagi ketika melewati kuburan, ada bau kemenyan atau dupa. Kalau bisa saat itu juga punya kekuatan 1000 langkah. 

 Kalau saja kuburan di Indonesia ditata lebih artistik, misalnya bentuk nisan dibuat sedemikian indah, juga dengan cahaya yang terang benderang, mungkin penghuni kuburan tidak akan kesepian. Sehingga tidak perlu melakukan penampakan untuk mencari teman. 

 Hahaha, sebenarnya tulisan ini sungguh aneh, nggak ada tujuan menulisnya, hanya sekedar nyinyir melengkapi foto di atas yang memang ingin saya posting. 

 Sampai jumpa!

No comments:

Post a Comment