Tuesday, March 5, 2013

Fairy Tale Town: Jersey

Inggris! Akhirnya saya berkesempatan ke Inggris. Tapi... Inggris?


View of Rozel Cliff Path
Jersey, Channel Island, tepatnya. Sebuah pulau kecil di selatan Inggris, namun secara geografis lebih dekat dengan Prancis (hanya 1 jam naik kapal ke Prancis, sayang nggak punya visa :(( ). Yak, saya terdampar di pulau kecil nan indah ini. Indaaaaaah banget kayak di fairy tale. 

Beruntung sekali! Saya mengikuti sebuah program di Durrell Wildlife Conservation Trust di Jersey selama 3 bulan. Yak, 3 bulan saya akan berada di sini! Durrell sendiri memiliki kebun binatang yang keren (saya iri sekali karena Indonesia belum punya pengelolaan satwa seperti ini): pengelolaan satwa yang bagus, enclosure yang memadai, fasilitas yang oke punya. Dan saya harus belajar dari sini. Semoga bisa diaplikasikan di Indonesia. Amin!

Di sini, saya tinggal di Les Noyers, hostelnya Durrell, dengan trainee yang lain juga. Menyenangkan sekali karena si manager hostel, Josh, menyediakan makanan yang lezat setiap hari. Pulang-pulang dari sini bisa bertambah 5 kg saya! Hehehe...

Pojok di shopping centre St. Helier
Dan Jersey adalah kota kecil yang menyenangkan. Banyak tanah kosong yang ditanami tanaman. Sebagian besar penduduknya adalah petani. Ini lagi yang bikin saya iri, petani di sini bisa punya mobil mewah, rumah bagus, tanah luas yang sustain. Saya cuma bisa berharap jika petani Indonesia juga bisa mendapat kehidupan yang bagus. 

Karena pulau kecil, jalanan utama pun disesuaikan. Cukup dua mobil saja, bahkan kadang jika mobil berpapasan, satu mobil harus berhenti. Jalan juga berkelok-kelok karena topografi Jersey yang bergunung-gunung naik turun. Lampu merah cuma ada di pusat kota, St. Helier. Pesepeda dan pejalan kaki sangat dihargai.

Tadi saya bilang Jersey seperti di fairy tale. Yak benar! Di dekat tempat tinggal saya (sekitar 10-15 menit berjalan kaki), ada bukit-bukit kecil yang bisa langsung melihat laut luas dan burung-burung laut. Ada penduduk yang tinggal di atas bukit dan membuat rumahnya seperti kastil. Atau rumah-rumah kecil dari batu seperti di kisah Hansel dan Gretel. Persis seperti itu. Setiap rumah punya nama di sini, entah itu nama rumah atau nama yang punya. 

Tinggal di sini, nggak jauh-jauh dari tempat tinggal saya di Jogja. Orangnya ramah-ramah. Kalau jalan-jalan pagi dan ketemu orang, mereka tak segan menyapa 'good morning' atau senyuman saja. Kota kecil yang menyenangkan! 

Yeeeeyyyy!!! Jersey!!!



1 comment: